Berita  

Jum’at Curhat Bersama Polres Karawang, Kapolres Ingatkan Warga Untuk Mencegah Terjadinya Tawuran

KARAWANG | DPDIWOIKARAWANG.OR.ID |Kapolres Karawang AKBP Wirdhanto Hadicaksono menghimbau dan mengingatkan kepada warga agar selalu mengecek handphone anaknya demi mencegah terjadinya tawuran atau perang sarung selama bulan Ramadhan.

Hal itu diungkapkan Kapolres dalam Jum’at Curhat bersama masyarakat Desa Cintawargi Kecamatan Tegalwaru Kabupaten Karawang Jawa Barat di kantor desa setempat, Jumat (07/04/2023).

Jumat curhat tersebut dilaksanakan Kapolres secara rutin bersama dengan PJU, demi memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam menyampaikan kendala dan permasalahan secara langsung kepada Kapolres.

Salah satu permasalahan saat malam Ramadhan adalah terjadinya perang sarung di saat malam hari.

Pada kesempatan tersebut Kapolres menjelaskan, biasanya kelompok anak-anak remaja ini akan saling ejek di media sosial dan kemudian mereka pun berjanjian untuk bertemu di salah satu tempat untuk melakukan perang sarung hingga tawuran.

Dan biasanya itu dilakukan pada malam hari hingga menjelang sahur.

“Saya selalu ingatkan guru-guru jangan segan mengecek handphone milik muridnya. Begitu juga orang tua harus lebih proaktif mengawasi dan mengecek handphonenya sebagai pencegahan, ” Ungkap Kapolres.

Kapolres sekaligus mengingatkan kepada para orang tua agar mengajarkan kepada anak-anaknya bagaimana menggunakan media sosial atau internet secara positif.

Kemudian para warga dan petugas keamanan juga bisa melakukan pencegahan secara langsung dengan senantiasa data ke lokasi biasanya digunakan sebagai tempat janjian tawuran.

“Jadi bisa langsung datang ke lokasi. Ketika anak berkumpul bisa di awasi atau menyuruh mereka untuk pulang ke rumahnya, ” terangnya.

Perang sarung hingga tawuran remaja diakui warga setempat memang sering terjadi di wilayah setempat. Hal itu diungkapkan salah seorang warga pada saat sesi tanya jawab dengan Kapolres Karawang.

Menyikapi hal tersebut, Kapolres menegaskan sebagai langkah pencegahan, pihaknya membentuk Tim Patroli presisi, Patroli Prekat dan Tim penindak Sanggabuana.

” Kita terjunkan, tim ini setiap malamnya, beraksi mengantisipasi gangguan keamanan salah satunya tawuran dan tindak kejahatan, dari adanya laporan masyarakat kita lakukan penindakan dan pengecekan ke lokasi2 rawan demi memastikan situasi dalam keadaan aman, tandasnya.

 

(Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *