Ketua PPS Desa Pisangsambo Tirtajaya Gencar Sosialisasi DPSHP Tahapan Pemilu 2024.

KARAWANG | DPDIWOIKARAWANG.OR.ID |Panitia Pemungutan Puara ( PPS) Tirtajaya gelar rapat pleno rekapitulasi DPSHP Pemilu 2024 bertempat di aula kantor Desa Pisangsambo Kecamatan Tirtajaya Kabupaten Karawang, (Senin 8/5/2023 ).

Rapat pleno ini di buka langsung oleh ketua PPS yang di hadiri sekretariat PPS desa Pisangsambo, Ketua dan anggota PPK tirtajaya, PKD, Pemantau PDPSP, jajaran Pemerintah Desa dan anggota Pantarlih serta dari perwakilan partai politik.

Dalam rapat tersebut Ketua PPS Omit Sugandi menyampaikan BA rekapitulasi DPSHP kepada para perwakilan Partai Politik tingkat desa serta kepada Panwas desa dan juga kepada para Pemantau Pemilu.

Omit sugandi juga mengatakan, bahwa daftar pemilih yang akan di plenokan adalah rangkaian dari DPS yang di olah kembali dengan cara pencoklitan dan penelitian maupun perubahan sehingga data pemilih menjadi dinamis mengingat adanya pemilih yang meninggal, pindah maupun datang, Ucapnya.

“Dan Untuk mengantisipasi hal-hal yang terjadi, diantaranya warga yang tidak masuk dalam DPS, tentu di butuhkan peran aktif dari semua pihak terutama mengkroscek ulang data namanya di DPS yang sudah di pampang di papan pengumuman atau juga ada di link cek data pemilih yang sudah di sediakan oleh KPU” paparnya.

“Dan untuk itu kami selaku penyelenggara siap 24 jam menerima masukan-masukan yang berkaitan dengan data pemilih sebagai harapan kami semua warga desa pisangsambo bisa menyampaikan hak pilih pada waktunya, DPSHP desa pisangsambo yang sudah di rekapitulasi berjumlah 6.487 terdiri dari Laki-laki : 3.239. dan Perempuan : 3.248 yang tersebar di 24 TPS,” Tegasnya

Masih kata Omit, pihaknya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang tidak bisa di sebutkan satu persatu yang sudah bekerja keras selama dalam melaksanakan tugasnya kurang lebih dua bulan, dan itu sangat kami apresiasi, maka dari itu untuk semua rekan-rekan pantarlih akan di rekomendasikan menjadi KPPS yang nantinya tugas di TPS, pungkasnya.

Hal senada di ungkapkan oleh Ketua PPK Tirtajaya H. Muhamad Karyadi menuturkan,
“Tahapan pemutakhiran data pemilih masih panjang waktunya sehingga data tersebut sewaktu-waktu bisa berubah, maka dari itu kepada semua pihak harus tetap ikut berperan dalam membantu PPS untuk mensosialisasikan bahwa pendataan pemilih masih panjang tahapannya sebelum di tetapkan menjadi daptar pemilih tetap (DPT)

“Jadi buat para pantarlih walaupun sekarang sudah purna tugas atau di rumahkan tetapi terus membangun komunikasi dengan PPS yang di mungkinkan sewaktu-waktu adanya pemilih pindah, datang maupun meninggal. Dan mohon untuk segera di laporkan, kami yakin adanya kerjasama yang baik tahapan pemilu akan berjalan dengan lancar sehingga data pemilih tersebut bisa valid.

“Kami selaku PPK Tirtajaya yakin bahwa PPS Pisangsambo yang di isi oleh orang -orang yang sudah berpengalaman dalam kepemiluan tentunya tidak merasa khawatir lagi”, imbuhnya.

“Kami pun sepakat dengan ketua PPS buat rekan-rekan pantarlih untuk direkomendasikan di KPPS mengingat pantarlih sudah paham dengan ruang lingkup di data pemilih tentu kami sangat setuju yang nantinya diangkat menjadi KPPS untuk tugas di TPS, kepada semua pihak yang hadir pada kesempatan ini mari kita sukseskan pemilu 2024 , kami tidak bisa berbuat banyak tanpa ada dukungan dan kerja sama semua pihak tentu peran aktif dari semuanya kami sangat butuhkan,”Tutupnya.

(Amo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *