Berita  

Kumuh !!! Monumen Tugu Proklamasi Perjuangan Karawang Di Duga Tak Terawat

KARAWANG | DPDIWOIKARAWANG.OR.ID | Tidak lama lagi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) akan memperingati hari yang bersejarah, dimana seluruh rakyat Indonesia bebas dan merdeka dari belenggu penjajahan, yakni Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke -78.

Namun ironis, Kabupaten Karawang yang selalu dibanggakan sebagai Kota Pangkal Perjuangan, terlihat kondisi di komplek Monumen Tugu Proklamasi tepatnya di wilayah Rengasdengklok Kabupaten Karawang terkesan kumuh dan terawat seakan kurang perhatian dari pemerintah.

Padahal seperti diketahui, komplek Tugu Proklamasi yang berada di Desa Rengasdengklok Selatan, Kecamatan Rengasdengklok ini merupakan ikon sejarah Kemerdekaan RI dan kerap dijadikan pusat kegiatan peringatan kemerdekaan RI oleh berbagai kelompok masyarakat, komunitas-komunitas, bahkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang sendiri.

Menyingkapi hal tersebut Dede Tasria selaku Camat Rengasdengklok mengungkapkan,” bahwa pihak Kecamatan Rengasdengklok menjelang HUT RI di tahun ini sudah mengajukan permohonan revitalisasi atau perbaikan kepada Pemerintah Kabupaten Karawang melalui Dinas PUPR Karawang.

“Saat ini telah digelar rapat membahas tentang persiapan revitalisasi atau perbaikan pagar sekitar komplek monumen tugu Proklamasi dengan dihadiri oleh pihak PUPR, PRKP, dan Kesbangpol Kabupaten Karawang. Seoanjutnya Surat pengajuan dari kita sudah diterima pada hari Rabu, dan di hari kamis telah di akomodir, sekarang sudah ada di bidang bangunan Dinas PUPR, artinya sudah di akomodir jadi tinggal pelaksanaannya. Kemudian Untuk area pendopo sudah dilakukan perbaikan baru-baru ini,” ucapnya kepada awak media, pada Senin (7/8/2023)

Lebih jauh pihaknya menjelaskan, “pihak Kecamatan Rengasdengklok juga telah melakukan berkoordinasi dengan pihak Desa dan Karang Taruna Desa Rengasdengklok Selatan untuk melakukan sosialisasi kepada para pedagang sekitar komplek monumen tugu Proklamasi.

“Kewajiban kita untuk memberikan arahan dan pengertian kepada para pedagang di dalam area maupun yang berada di pagar komplek monumen tugu Proklamasi untuk mengosongkan area tersebut pada tanggal 10 Agustus. Karena akan segera dilakukan revitalisasi atau pengecatan, kita berharap seperti itu,” pungkasnya.

(Teddy/Heri.P)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *