Guna Antisipasi Kenakalan Remaja, SMAN 2 Lamaran Karawang Monitoring Siswa Dengan CCTV

KARAWANG | DPDIWOIKARAWANG.OR.ID | Seperti di ketahui program Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di setiap sekolah mulai dari Sekolah Dasar (SD) hingga ke jenjang sekolah Lanjutan yakni SMPN/SMPS, SMKN/SMKS maupun SMAN merupakan salah satu program wajib yang harus di laksanakan oleh setiap sekolah.

Seperti halnya yang di lakukan oleh SMAN 2 Lamaran Karawang, selain melaksanakan proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di sisi lain SMAN 2 Lamaran Karawang juga mempunyai kegiatan program-program unggulan dan kegiatan ekstrakurikuler yang di terapkan kepada seluruh siswa siswi di setiap hari yang sudah di tentukan jadwal kegiatanya.

Saat di temui awak media di ruangan kantornya, Kepala sekolah SMAN 2 Lamaran Karawang menjelaskan, bahwa penting bagi orang tua siswa untuk memahami alur besar pendidikan anak agar orang tua dapat memantau bagaimana perkembangan anak. Selain itu, perlu juga kerjasama sekolah, komite dan orang tua akan menjadikan sinergi yang baik dalam perkembangan sekolah dan anak. Dalam hal ini jelas muaranya dari kegiatan–kegiatan sekolah seperti ini adalah terciptanya ekosistem sekolah yang baik sehingga mampu mengantarkan siswa menuju keberhasilan kelak ketika mereka lulus sekolah.” Ucapnya Jum’at (8/9/2023)

“Untuk menanggulangi kenakalan remaja saat ini, saya akan secepatnya untuk membuat satgas tentang kenakalan remaja yang berarti di dalamnya ada anak sekolah.
Sangat luar biasa bagi sekolah yang memiliki sosok pemimpin yang benar-benar peduli dengan segenap hatinya. Untuk siswa di sini saja untuk bisa bolos sekolah merupakan satu langkah yang kami soroti dan secara otomatis langsung adanya tindakan agar siswa jera untuk melakukannya, dan salah satu untuk membuat hal yang terpenting terjadinya kenakalan siswa-siswi disekolah, kami sudah mengantisipasi semaksimal mungkin dengan menggunakan dan memakai sistem teknologi digital yakni CCTV setiap sudutnya, agar siswa selalu bercermin bila melakukan satu kesalahan kecil saja pasti ketauan.” Ungkapnya.

Alhamdulillah dari penerapan yang sudah kami lakukan banyak lulusan kami yang sudah berhasil untuk masa depannya selanjutnya hal ini didasari hanya dengan kegiatan tersebut, salah satu contoh lulusan SMA 2 Lamaran Karawang tahun kemarin juga ada yang sudah menempuh masuk IPDN, ada yang masuk ke kepolisian bahkan di bina selama 1 tahun oleh Polres Karawang, ada yang diterima di perguruan tinggi favorit yaitu di ITB, UI dan perguruan Negri lainya.” Jelasnya.

Dan untuk perbaikan sikap (Atitude) baik oleh guru-guru maupun sesama teman yang lainya selalu kami menerapkan 3S yaitu Sapa, Salam, dan Senyum. Untuk pembelajaran tatakrama juga ada tindakan bagaimana bersikap yang baik maupun bagaimana ber tutur kata-kata, “Ujarnya.

Untuk membuat dan membentuk remaja yang berarti di dalamnya ada anak sekolah, khusus siswa kami, mereka tidak pernah mabok tawuran dan hal-hal yang tidak diinginkan maka saya bekerja di sekolah yang diawali dengan melakukan hal positif di antaranya yang pertama siswa di sekolah ditanamkan disiplin jan bersikap seorang siswa yang taat patuh dan tunduk kepada aturan yang telah kami sepakati sehingga bisa mencegahsiswa akan melakukan untuk bisa kabur, untuk bisa bolos hal ini kami selalu evaluasi, makanya saya selalu merapatkan apapun itu, “Tegasnya.

Kemudian selanjutnya sekolah kita dilengkapi juga dengan CCTV di mana-mana untuk meminimalisir kenakalan remaja hal ini juga kami sesuaikan dengan arahan kemarin dari Polres juga Dinas Pendidikan yang disosialisasikan kepada siswa dan juga saya mengundang rapat yang khusus dihadiri keluarga SMAN 2 Lamaran Karawang dan semua pengurus KKS.” Terangnya.

Adapun harapan yang ingin saya sampaikan khususnya siswa-siswi SMAN 2 Lamaran Karawang umumnya seluruh siswa sekolah yang ada di kabupaten karawang menjadi satu insan yang berbudi luhur dan berakhlak yang baik sehingga dapat membentuk siswa yang bisa berperan seabai “Pelajar yang berjiwa Pancasila” itu saja harapan yang ingin saya sampaikan.” Harapnya.

Dan kemarin ini beberapa dari kami menemui alumni yang sudah keluar yang mana intinya kami akan membantu siswa siswi yang memiliki prestasi akan kita promosikan ke jenjang berikutnya baik yang melanjutkan ke perguruan tinggi ataupun ke jenjang pekerjaan di perusahaan nantinya, Adapun yang terkait dengan kenakan remaja kemarin juga kita kedatangan pihak Polres Karawang untuk bersosialisasi langsung karena kamipun memiliki program yang sama,”Pungkasnya.

 

 

(Teddy/Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *