Melalui Tata Usaha, Dinkop UMKM Karawang Bangun Jaringan Dengan Produsen Dan Konsumen

KARAWANG | DPDIWOIKARAWANG.OR.ID | Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Karawang mengadakan acara UMKM di pusat perbelanjaan Techno Mart Karawang, Rabu (20/12/2023)

Hadir dalam acara kegiatan tersebut sejumlah pihak-pihak terkait dan para pelaku UMKM dan koperasi unggulan yang ada di Kabupaten Karawang yang di undang.

Kadis Koperasi dan UMKM Karawang Drs. Rohman menjelaskan pada awak media terkait kerjasama dan kolaborasi antar para pelaku UMKM dan koperasi-koperasi unggulan yang ada di Kabupaten Karawang.

“jadi hari ini kita Dinkop Karawang membahas terkait exsfort dan temu bisnis tahun 2023, dan kita menghadirkan juga 10 koperasi unggulan yang ada di Kabupaten Karawang agar bisa berkolaborasi dengan perusahaan-perusahaan yang ada di Karawang, baik itu perusahaan yang ada di kawasan, hotel, kemudian rumah makan.

Contoh di hotel yang ada di karawang kita tawarkan sendal untuk di pakai dalam hotel, jadi hotel yang ada di karawang kita dorong supaya mau membeli produk-produk yang di buat dari hasil UMKM yang ada di cikampek dan Kota Baru.” Ucapnya.

“Selain itu kita juga ada koperasi beras yang harus kita tawarkan ke warung makan, hotel dan buat di konsumsi itu bisa kita tawarkan juga.

Selain itu ada sambal kemudian juga ada rumput laut, dimana rumput laut ini udah siap di eksport nantinya supaya UMKM yang ada di Kabupaten Karawang supaya bisa di kenal di dalam negeri maupun di luar negeri.” Ungkapnya

Dikatakan Rohman, pada acara tersebut selain membahas bagaimana langkah kedepan bagi para pelaku UMKM dan koperasi di Karawang, pihaknya juga membagikan sertifikasi pelatihan kepada 35 orang pendamping UMKM.

“Kita juga tadi membagikan piagam sertifikasi pelatihan kemarin memberikan pelatihan sertifikasi sebanyak 35 orang pendamping UMKM, dan nanti yang 35 orang itu bisa mendampingi para pelaku UMKM.

Kemudian para pelaku UMKM harus bisa menjaga kwalitasnya dan kuantitas mereka bisa mendampingi mereka dan sudah bersertifikasi dan sudah mengikuti bintek tersebut.” Paparnya.

“Untuk kedepannya Insya Allah bisa berkembang,  berkaitan dengan koperasi koperasi yang ada di Karawang maupun UMKM di Karawang untuk bisa berkolaborasi dengan perusahaan koperasi karyawan yang ada di perusahaan dan hotel-hotel dan usaha rumah sakit yang ada di Karawang juga bisa berkolaborasi dengan koperasi dan UMKM di karawang.

Dan untuk langkah-langkah awal nanti memberikan sosialisasi dan promosi ke perusahaan-perusahaan yang ada d karawang supaya bisa membantu UMKM yang ada di Karawang.” Tutupnya.

 

•Dian Agus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *