464 Wisudawan Unsika Karawang Periode Maret Tahun Akademik 2023/2024 Selesai Di Gelar

Foto : Rektor Unsika Karawang saat sambutan

KARAWANG | DPDIWOIKARAWANG.OR.ID | Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) menyelenggarakan wisuda bagi para lulusan jenjang Diploma, Sarjana dan Magister. yang bertempat di Aula Universitas Singaperbangsa Karawang, Rabu (6/4/2024)

Para Wisudawan Wisuda Periode Maret Tahun Akademik 2023/2024 Universitas Singaperbangsa Karawang sebanyak 464 orang yang terdiri dari Program Diploma 8 orang, Program Sarjana sebanyak 445 orang, dan Program Magister 11 orang.

Dalam sambutannya, Rektor Unsika, Prof Ade Maman Suherman, S.H., M.Sc. mengatakan, banyak upaya yang telah di lakukan bersama dalam membangun pendidikan di tanah air ini ke arah yang lebih baik.

“Banyak upaya yang telah di lakukan bersama dalam membangun pendidikan di tanah air ini ke arah yang lebih baik, mulai dari tingkat pendidikan dasar dan menengah hingga tingkat pendidikan tinggi. Selain itu Kita juga menyadari bahwa bersamaan dengan upaya yang kita sudah rintis, tantangan yang ada di masyarakat yang menuntut kemajuan dunia pendidikan juga tidak kalah cepat perkembangnya.” Ucap Rektor Unsika di hadapan para wisudawan.

“Satu pesan penting yang tidak akan kita lupakan dari nilai pendidikan yang diajarkan oleh Ki Hajar Dewantara melalui peran guru adalah harus diterapkannya prinsip “Ing ngarsa sung tulada, Ing madya mangun karsa” dan Tut wuri handayani.” Pesannya.

“Mari kita maknai bahwa guru sebagai pilar pendidikan dalam suatu sekolah, dapat juga kita artikan sebagai institusi pendidikan sebagai pilar bagi pembangunan bangsa. Kita yakini bersama bahwa pendidikan yang kokoh yang akan menghasilkan sumber daya manusia yang tangguh, akan dapat menjadi modal kuat bagi pembangunan bangsa ini.” Pungkasnya.

“Sebelum menyudahi sambutan ini, saya berpesan kepada para wisudawan, setidaknya ada 7 kunci proses dalam menjalani kehidupan yaitu

1. Bertaqwa, 2. birrul walidain, 3. Banyak Do’a, 4. Bersedekah, 5. Memperluas Ilmu, 6. Disiplin, dan 7. Menikmati Proses.” Tutupnya dengan nada penuh makna.

Atas pencapaian tersebut beliau mengucapkan terimakasih kepada Jajaran Rektorat serta seluruh Civitas Akademika  Tendik Universitas Singaperbangsa Karawang.

Dan ucapan terimakasih bagi panitia dan seluruh civitas akademik Unsika yang telah menyiapkan penyelenggaraan wisuda dengan baik.

Adapun daftar wisudawan terbaik pada wisuda universitas singaperbangsa karawang periode bulan maret tahun akademik 2023/2024 sebagai berikut :

NAMA dan PROGRAM STUDI IPK

1 WULAN SULISTIANA PUTRI, S.H. Ilmu Hukum 3,84

2 WIDIARTI, M.M. Manajemen 4

3 FERDIANSYAH HERI, S.M. Manajemen 3,88

4 RIZKIA PUTRI, S.Pd. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 3,81

5 NOVIANTI, S.P. Agroteknologi 3,84

6 NENG MEGA PERMANA, S.Pd. Pendidikan Agama Islam 3,61

7 ADAM FATTA’AH RAMADHAN, S.T. Teknik Elektro 3,74

8 ALIF IQBAL OKTARIANTO, S.Kom. Informatika 3,89

9 SYAFRINA NUR ISMA, S.I.Kom. Ilmu Komunikasi 3,92

10 FIKRI MAULANA IHSAN, S.Or. Ilmu Keolahragaan 3,68

11 YUFIRA FAUZIAH ZAHRA, A.Md.Keb. Kebidanan 3,67

PENCAPAIAN DAN PROGRAM KERJA 2024

Profil Akademik

• Jumlah mahasiswa terdaftar sekitar 18000 orang menyebar di program studi D3, S1, S2 dan Profesi

• Jumlah Fakultas 9 terdiri dari 40 program studi

• Jumlah dosen dengan kualifikasi Doktor terus bertambah.

• Sejak setahun terakhir dosen lulusan S3 dari luar negeri seperti Taiwan dan Amerika Serikat; dalam negeri lulusan S3 dari UPI, ITB, UI, IPB dan PTN lainnya.

• Jumlah dosen dengan gelar Professor bertambah menjadi 5 orang, ke depan akan terus diupayakan program percepatan agar dosen bergelar professor

• Dari sisi kualitas, saat ini 13 program studi terakreditasi dengan peringkat Baik atau C dan 23 program studi dengan peringkat Baik sekali atau B.

• Rencana Peningkatan Kualitas: tahun 2024 ini sebanyak 19 program studi yang termasuk ke dalam rumpun sosial dan humaniora sedang mempersiapkan diri untuk diajukan akreditasi internasional. Semoga ini terkabul seiring dengan peningkatan sarana dan prasarana, kuantitas dan kualitas dosen dan pemantapan tata Kelola kampus.

Peningkatan Penyediaan Sarana Prasana

Kampus I:

• Unsika melakukan penataan dan perawatan gedung-Gedung di kampus 1, termasuk Gedung Fakultas Pertanian yang berlokasi di belakang Aula ini

• Revitalisasi sarana olah raga termasuk lapangan tennis

Kampus II:

• Unsika sejak tahun 2021 mulai fokus pengembangan kampus di lokasi kampus II dan terus beranjut sampai sekarang

• Tahun 2024 akan segera dibangun Gedung Serbaguna dan Gedung Student Center.

• Pembangunan masjid (Unsika juga membuka donasi bagi orang tua/wali wisudawan untuk pembangunan masjid terbut)

• Pengembangan Sistem Informasi untuk meningkatkan tata kelola yang baik untuk kegiatan akademik maupun keuangan.

Peningkatan Kerjasama yang saling menguntungan. Tujuan Kerjasama adalah untuk meningkatkan kualitas Unsika di bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.

1. Kerjasama Dalam Negeri

• Kerjasama dengan pihak industri sekitar Karawang dan Bekasi dan industri lainnya berskala nasional

• Kerjasama dengan perguruan tinggi antara lain: UI, ITB, UGM, UNES dan perguruan tinggi besar lainnya

2. Kerjasama dengan Lembaga pemerintah

• Kerjasama Luar Negeri:

• Area ASEAN: 13 universitas yang menyebar di Malaysia, Pilipina, Thailand dan Vietnam

• ASIA: 9 universitas yang menyebar di Tiongkok, Taiwan, dan Korea Selatan

• Amerika Selatan: 1 universitas di Brazil

 

•Red

Sumber : Humas dan Media Informasi Wisuda Unsika Jl. HS Ronggowaluyo Telukjambe Timur, Karawang 41361

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *